Cari Blog Ini

Sabtu, 28 Januari 2012

Menjadi Orang Baik Dan Sabar



    Pada suatu kesempatan kita pernah bertanya pada diri kita sendiri, “ Sudahkah melaksanakan sholat lima waktu, sudahkah bersabar terhadap teman, bapak & ibu guru serta terhadap keluarga yang tercinta, sudah menjadi orang yang baikkah saya? “ Bagaimana sebenarnya menjadi orang baik itu? Ada beberapa tips sederhana untik mendidik diri kita menjadi orang yang baik.”
          
      Pertaman. Ambilah sebuah buku harian khusus untuk mencatat kebaikan-kebaikan yang kalian lakukan dari pagi smpai malam. Peganglah selalu buku itu setiap saat, jangan sampai teman yang lain berkesempatan mengetahui dan menbaca buku harianku.
      
    Kedua.  Carilah peluang untuk melakukan hal-hal yang terbaik, sekecil apapun kalau hal itu baik wajib dilakukan, dan sekecil apapun kalau hal itu jelek harus ditinggalkan. Sebagai contoh sepulang sekolah kalian melihat sebuah paku atau setangkai duri ditengah jalan, ambilah dan singkirkan dari keramaian, sehingga tidak mungkin membahayakan siapapun lagi termasuk kakak-kakak kelas yang lalu lalang di jalan itu. Contoh kalian seragam sekolah rapi setiap hari, tidak pernah terlambat masuk, tak pernah terkena point buku saku, tidak pernah rebut di kelas, memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh Bapak Ibu guru, sopan dan santun, selalu melaksanakan 3S setiap bertemu teman. Catat kebaikna tadi dalam buku diary, sekecil apapun nilai kebaikannya.


      Ketiga. Sebelum tidur berdoalah kepada Allah, Insya Allah selalu dalam lindungan dan selalu diberi keselamatan. Sebelum tidur buka buku kebaikan anda. Hitung beberapa kali anda melakukan kebaikan sepanjang hari yang telah terlewati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar