Cari Blog Ini

Rabu, 29 April 2020

CARA MEMILIH JURUSAN KULIAH


Udah lama nih ngga nulis di blog. Oke, kali ini aku ingin sharing tentang pengalaman dalam memilih jurusan kuliah ya. Silahkan lanjut membaca bagi yang berkenan membaca.

Sebelumnya perkenalkan, aku dari jurusan kimia di salah satu universitas di jogja. Tau UGM kan, nah kalo universitas aku ada di sebelah nya. Tau kan. Yang belum tahu bisa search aja di google maps haha.

Oke permasalahan untuk temen-temen yang mau lanjut kuliah tapi bingung mau pilih jurusan apa. Ini aku ada sedikit tips dan trik ala-ala aku dalam memlilih jurusan.

Yang pertama, yang wajib dilakuin adalah tahu tujuan/goals yang mau diperoleh dari kuliah. Misal nih kan aku sekarang ambil kimia, nah tujuan ku ambil jurusan itu karena berhubungan dengan cita-cita ku yang ingin menjadi seorang apoteker. Iya betul, menjadi apoteker harus dari jurusan farmasi, ya seengaknya bisa kerja di rumah sakit bisa di laboratorium obat kan hehe.  Nah kalo udah punya tujuan, kita lanjut lagi ke tips ke dua.

Yang kedua, perlu dilakuin yaitu cari sebanyak banyak nya referensi universitas dan jurusan. Jangan lupa untuk lihat akreditasi dari jurusan kalian ya, karna itu sangat sangat penting untuk mendaftar kerja. Ibarat kata, ketika uiversitas atau jurusan sudah punya nama/branding maka akan lebih mudah kalian untuk mencari pekerjaan selinier dengan jurusan yang diambil.

Yang ke tiga, sesuai kan dengan passion atau kehlian temen-temen. Karna gini, di kuliah ini ada beberapa orang yang merasa salah ambil jurusan seiring berjalan nya waktu, akhirnya memutuskan untuk pindah jurusan atau bahkan keluar dan ngga lanjut kuliah. Kalian jangan sampai seperti itu ya, semoga aja tidak. Jadi penting banget untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan. Misal, kalian lemah dalam bidang hitung menghitung, sebaiknya hindari jurusan matematika, akutansi, fisika, dsb yang jurusan nya banyak hitung menghitung. Kenali dulu pribadi dan passion kalian baru pilih jurusan yang sesuai.

Yang ke empat, jangan minder dengan biaya kuliah. Sekarang beasiswa sudah banyak. Tinggal temen-temen berusaha untuk mencari informasi dan berperan aktif untuk mengikuti seleksi. Di universitas negeri juga ada beasiswa bidikmisi bagi yang kurang mampu, beasiswa djarum, PPA, beasiswa unggulan dsb yang bisa jadi peluang untuk temen-temen ambil. Perlu diingat, untuk jurusan yang berbau teknik itu memang biaya yang dikeluarkan lumayan besar karena praktik nya banyak dan fasilitas untuk alat-alat praktik juga banyak, jadi wajar kalau fakultas teknik biaya nya lumayan tinggi. Tapi jangan berkecil hati dulu, karna sistem sekarang pakai UKT (Uang Kuliah Tunggal). Kalau di universitas ku, disana kita mengisis form data diri dan segala fasilitas yang kita miliki. Dari situ pihak universitas akan menyesuaikan dengan kemampuan finansial yang temen-temen miliki. Jadi hati-hati dalam mengisi lembar form itu, kalo ngga ingin dapet UKT mahal. 

Sekian, itu yang bisa aku bagi buat temen-temen. Kalau mau nanya-nanya, boleh. Hanya sebatas sharing, banyak kurang nya itu wajar ya silahkan di kritik. Terimakasih sudah membaca sampai akhir.

Semangat untuk memilih jurusan yang tepat! Karna yang bagus belum tentu tepat J

Salam saintis muda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar